Minggu, 11 November 2012

TINGKATAN MANUSIA DALAM KEWAJIBAN SHOLAT


TINGKATAN MANUSIA DALAM KEWAJIBAN SHOLAT

Imam Ibnul Qayyim R.A mengatakan bahwa Manusia dalam menerima Sholat ada lima tingkatan, yaitu :

1. Muaqib
Adalah orang yang dzalim terhadap dirinya sendiri. Yaitu orang yang mengurangi sempurna dalam berwudhu, waktu sholat, batasannya dan rukun-rukunnya.

2.Muhasib
Yakni orang yang memperhatikan waktu sholatnya, batasannya, dan rukun-rukunnya yang dzahir serta wudhunya, tapi ia tidak berusaha menghilangkan perasaan was-was yang ada pada dirinya, sehingga ia sholat tetap dengan perasaan tidak tenang.

3.Mukaffir Anhu
Yakni orang yang memperhatikan batasan dan rukun-rukun sholat dan ia berusaha menghilangkan was-was dan fikiran yang ada pada dirinya serta sibuk berjuang melawan gangguan setan agar sholatnya tidak tercuri. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ia dalam keadaan sholat dan berjihad (menghilangkan perasaan was-was dan pikirannya).

4.Mutsab
Yaitu orang yang mendirikan sholat dan menyempurnakan hak, rukun dan batasannya sehingga hatinya tenggelam dalam menjaga batasan-batasan dan hak-hak sholat agar tidak menyia-nyiakan sedikitpun. Bahkan seluruh keinginannya akan ditujukan untuk mendirikan sholat dengan sebaik-baiknya dan menyempurnakannya, dengan demikian dapat diartikan hatinya sedang tenggelam dalam sholat dan ibadah hanya kepada Rabb nya Tabaraka Wata'ala.

5. Muqarrab min Rabbihi
Adalah orang yang mendirikan sholat dan menyempurnakannya seperti tingkatan keempat, tetapi disamping itu ia juga menghadirkan hatinya dihadapan Allah SWT, melihat dengan hatinya, mendekat kepada-Nya denga penuh cinta dan pengagungan seakan-akan melihat dan menyaksikan-Nya. Menghilangkan segala macam was-was dan bisikan-bisikan, maka terangkatlah tabir atara dirinya dan Rabbnya. Inilah shalat yang lebih diutamakan daripada memperhatikan permasalahan yang ada dibumi dan langit serta segala macam isinya, dan inilah sholat yang menenangkan jiwa karena telah sibuk dengan Rabbnya yaitu Allah Azza wa Jallah.
Subhanallah…
Semoga kita semua dapat mencapai tingkatan kelima, dan bagi teman-teman yang telah mencapai tingkatan ini, dipertahankan yaaa…
sekian,,semoga bermanfaat..
assalamualaikum ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar